Saturday, May 9, 2009

MENGGAMBAR BAUT DENGAN AUTOCAD

Assalamu'alaikum wr, wb
salam sejahtera
Mas kris, saya iyan yang pernah bertanya tentang etiket pada autocad2d.
Saya baru beli buku autocad3d, alhamdulillah saya bisa mengikuti dengan mudah
dan dapat membuat contoh bentuk2 lainnya dari bagian suatu mesin.
Tapi sayang pada buku autocad3d tidak dijelaskan bagaimana cara membuat bentuk spring,
contohnya untuk membuat ulir pada baut dan pegas.
Pertanyaan nya bagaimana langkah2 membuat spring pada autocad3, misalnya membuat baut.
Dimana baut itu ada ukurannya seperti jarak antara kisar,atau kita membuat baut metric atau whitworth.
Mohon penjelasannya?
terima kasih atas waktunya, dan mohon maaf bila ada salah dalam penulisan. terima kasih.
iyansch@gmail.com)

JAWABAN :

Halo Mas Iyan
Pertanyaan Anda kelihatannya pendek tapi banyak lho itu, tapi gak papa akan saya coba jawab dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (Eh kok jadi kayak naskah proklamasi ya….).

A. Menggambar Pegas
Untuk menggambar pegas, AutoCAD 2007 ke atas sudah menyediakan menu baru yaitu Helix (masuknya lewat DRAW-HELIX).
Anda tinggal mengatur berapa diameter pegas,tinggi pegas dan jumlah belitannya.

B. Menebalkan Pegas
Gambar pegas dari DRAW-HELIX memang masih berupa garis saja. Untuk menebalkannya Anda tinggal membuat lingkaran dengan radius sesuai dengan tebal pegas, kemudian gunakan menu EXTRUDE PATH.
Tetapi menu pada menu Extrude Path posisi lingkaran harus menempel dan tegak lurus dengan garis pengarah.
Untuk memudahkannya pada AutoCAD 2007 ke atas menyediakan menu baru yaitu SWEEP. Pada menu Sweep, posisi lingkaran tidak harus menempel dan tegak lurus garis pengarah. Silahkan coba sendiri, masuk saja di DRAW-MODELLING-SWEEP.

C. Menggambar baut
Misalkan akan digambar baut dengan normalisasi M4 x 0,7 yang berarti diameter luar baut D=4 mm dan jarak baginya 0,7 mm. Panjang baut 14 mm dan panjang ulir 10 mm.
Begini langkah-langkahnya :

1. Dari tabel yang ada di buku DASAR PERENCANAAN DAN PEMILIHAN ELEMEN MESIN karangan Ir. Sularso, MSME didapat data : jarak bagi p=0,7 mm dan tinggi kaitan H=0,379 mm.
Maka bisa dihitung diameter dalam baut d=D-2H=4-(2x0,379)=3,242 mm

2. Aktifkan sudut pandang SE ISOMETRIC kemudian gambar 2 silinder lalu salah satu dichamfer seperti gambar di bawah ini :3. Buat helix dengan cara :
- Klik DRAW-HELIX
- Ketik d kemudian ketik 3.242 (diameter dalam baut)
- tekan ENTER

- Ketik h kemudian isikan 0.71 (jarak bagi ditambah toleransi 0,1)
- Ketik 10 (panjang ulir)
Hasilnya seperti gambar dibawah ini :
4.Buat penampang yang akan di sweep dengan bentuk segitiga dan ukuranya seperti gambar di bawah ini :0,7 adalah jarak bagi p dan 0,379 adalah tinggi kaitan H.
Agar bisa di-sweep, segitiga di-region


5. Lakukan sweep pada segitiga dengan gari
s pengarahnya yaitu helix yang sudah dibuat (caranya mirip extrude path)

6. Dengan menu MOVE dan dibantu osnap CENTER tempatkan pegas yang sudah jadi pada silinder sehingga hasilnya seperti gambar di bawah ini :
7. Selanjutnya tinggal buat kepala baut bisa kan?
Dengan menu polygon buat segi enam dengan radius 4 kemudian di extrude setinggi 3
Tinggal ditempelkan dengan menu MOVE, jadi…

8 comments:

GO.......BLOGGGG said...

mao nanya nihh,,, kalo membuat baut atau ulir pake autocad 2007 ke bawah gimana caranya yaaa?????
ERSHAD"
ERSHAD.MUHAMMAD2007@YAHOO.COM

GO.......BLOGGGG said...

mao nanya nihhh,,,kalo bikin ulir pake autocad di bawah autocad 2007 gimana caranya yaaa????

GO.......BLOGGGG said...

mas mao nanya cara bikin ulir pake autocad yang masih di bawah autocad2007 gimana caranya yaaa???

GO.......BLOGGGG said...

mas mao nanya nihh cara membuat ulir pake autocad di bawah autocad2007 gimana caranya yaaa????

Ujje Muhamad said...

pak mau tanya kalau. Kan di autocad 2006 gak ada command helix. Kalau cara membuat nya gmana ya.?
Lg belajar bikin baut, eh ulir nya gak bisa bikin.
Terima kasih. Email saya. Positive.thinking4593@gmail.com

Yudhi Kristianto said...

Menu helix memang hanya ada di AutoCAD versi 2007 atau yang lebih baru.
Saran saya install saja PC anda dengan AutoCAD 2007 atau yang lebih baru

Reo Saputro said...

salam kenal mas,
mau nanya nih, saya pake autocad 2006 tetapi tidak ada command Helix, langkah apa untuk mengambar ulir mas?
mohon tutorialnya.
ini email saya : reo_rectifier@yaho.com
terima kasih

Yudhi Kristianto said...

Menggambar ulir di AutoCAD versi 2006 atau yang lebih lama dengan tanpa menu helix memang bisa tapi sangat sulit dan butuh ketelitian tinggi.
Saran saya install saja komputer anda dengan AutoCAD versi 2007, kebutuhan spesifikasi komputernya tidak beda jauh kok dengan AutoCAD versi 2006.

Komentar untuk buku saya

Bagi yang sudah membaca/mempelajari buku saya, ditunggu kritik,saran atau pertanyaan juga boleh.
Silahkan kirim ke blog ini atau kalau malu komentarnya dilihat orang banyak, silahkan kirim ke e-mail saya :
yudhikris@yahoo.com.
Sebagai tambahan saya biasanya membuka e-mail atau blog hari sabtu/minggu, jadi kalau kirim komentar hari jumat saja, OK?
E-mail yang masuk dan jawabannya akan ditampilkan di blog ini sehingga bisa berguna bagi lebih banyak orang.

About Me

My Photo
Silahkan baca artikel berjudul "Sedikit Riwayat Saya " dan "Buku-buku karya saya" (Maret 2008)di http://yudhi-kristianto.blogspot.com
Google