Saturday, December 8, 2012

ARCHICAD



Pada awalnya saya terpaksa belajar program ArchiCAD karena diperintahkan oleh Lembaga Pendidikan tempat saya mengajar yang memang sedang kekurangan instruktur ArchiCAD.
Saya sempat menolak tugas itu karena saya merasa bahwa ArchiCAD adalah software khusus untuk Teknik Arsitektur sedangkan saya tidak punya latar belakang pendidikan arsitektur (saya lulusan S-1 Teknik Mesin).

Tetapi entah mengapa saya jadi tertarik untuk belajar ArchiCAD (mungkin memang sudah diatur Tuhan ya.. hehehe..) sehingga saya membeli 3 buku ArchiCAD dan 1 VCD tutorialnya.
Setelah saya pelajari, ternyata untuk melakukan gambar bangunan dengan ArchiCAD terasa lebih simple daripada AutoCAD karena semua item yang dibutuhkan seperti dinding, pintu, jendela, kolom, pondasi, atap dan lain-lainnya sudah disediakan dan tinggal men-insert. Bahkan item pelengkapnya seperti gambar mobil, pohon, manusia juga sudah disediakan dan lebih lengkap daripada AutoCAD maupun 3DS Max.
Dan yang lebih memudahkan pekerjaan, jika kita menggambar bangunan secara 2D otomatis akan ada gambar 3Dnya, hebat kan…

Yang membuat saya lebih tercengang adalah ketika melakukan render. Ternyata hasil rendernya cukup indah dan realistik, hampir sama dengan hasil render 3DS Max dengan V-Ray.

Maka akhirnya saya menerima tugas untuk mengajar ArchiCAD.
Berikut ini saya tampilkan gambar bangunan yang saya buat dengan ArchiCAD dan merupakan sebagian dari soal yang saya pakai untuk mengajar :

 
 




Tapi karena kesibukan, saya belum sempat menulis buku tentang ArchiCAd walaupun sebenarnya ingin sekali. Maka bagi yang ingin belajar ArchiCAD silahkan belajar di Lembaga Pendidikan tempat saya mengajar yaitu Lembaga Pendidikan dan Pelatihan SMILE GROUP yang pusatnya di Jl. Prof. Dr. Sardjito 24 Yogyakarta dan membuka 2 cabang di Jl. Laksda Adisucipto KM 6 dan Jl. MT. Haryono 73 Yogyakarta.
Atau buka websitenya di http://www.smilejogja.com.

No comments:

Komentar untuk buku saya

Bagi yang sudah membaca/mempelajari buku saya, ditunggu kritik,saran atau pertanyaan juga boleh.
Silahkan kirim ke blog ini atau kalau malu komentarnya dilihat orang banyak, silahkan kirim ke e-mail saya :
yudhikris@yahoo.com.
Sebagai tambahan saya biasanya membuka e-mail atau blog hari sabtu/minggu, jadi kalau kirim komentar hari jumat saja, OK?
E-mail yang masuk dan jawabannya akan ditampilkan di blog ini sehingga bisa berguna bagi lebih banyak orang.

About Me

My photo
Silahkan baca artikel berjudul "Sedikit Riwayat Saya " dan "Buku-buku karya saya" (Maret 2008)di http://yudhi-kristianto.blogspot.com
Google