Saturday, February 15, 2014

SWANSOFT CNC SIMULATOR

Sesuai ketentuan pemerintah bahwa kurikulum Perguruan Tinggi harus selalu diganti/dikembangkan secara berkala, maka Perguruan Tinggi tempat saya bekerja juga melakukan perubahan kurikulum termasuk praktikum yang saya tangani yaitu Praktikum AutoCAD di program studi Teknik Mesin D-III. Praktikum AutoCAD itu diganti menjadi Praktikum Pemrograman Komputer.

Pada Praktikum Pemrograman Komputer ini, mahasiswa Teknik Mesin program D-III belajar menggunakan program komputer yang digunakan untuk Teknik Mesin yaitu AutoCAD dan SSCNC (Swansoft CNC Simulation, program simulasi CNC yang diproduksi oleh Nanjing Swansoft Technology Company, Cina).
Jadi benda kerja digambar/didesain dengan AutoCAD kemudian dibuat program CNCnya lalu program CNC itu disimulasikan dengan SSCNC.
Memang tidak sampai dibuat dengan mesin CNCnya karena namanya juga praktikum pemrograman komputer bukan praktikum CNC hehehe.... Praktikum dengan mesin CNC sesungguhnya akan dilaksanakan pada semester berikutnya.

Karena saya sudah berpengalaman di praktikum AutoCAD dan CNC maka saya ditunjuk sebagai instruktur Praktikum Pemrograman Komputer ini sehingga panduan praktikumnya saya yang membuat.
Agar bisa berguna bagi orang lain maka panduan praktikum itu saya upload di mediafire, bagi yang berminat download silahkan klik tombol ini :



Agar lebih lengkap, berikut ini saya tampilkan jobsite praktikum berupa gambar AutoCAD dan video hasil simulasi dengan SSCNC yang saya upload di youtube :

Jobsite I
Gambar dengan AutoCAD :
Simulasi dengan SSCNC :


Jobsite II
Gambar dengan AutoCAD :

Simulasi dengan SSCNC :


Jobsite III
Gambar dengan AutoCAD :
Simulasi dengan SSCNC :


Jobsite IV
Gambar dengan AutoCAD :
Simulasi dengan SSCNC :

1 comment:

Unknown said...

Ga bisa di download gan

Komentar untuk buku saya

Bagi yang sudah membaca/mempelajari buku saya, ditunggu kritik,saran atau pertanyaan juga boleh.
Silahkan kirim ke blog ini atau kalau malu komentarnya dilihat orang banyak, silahkan kirim ke e-mail saya :
yudhikris@yahoo.com.
Sebagai tambahan saya biasanya membuka e-mail atau blog hari sabtu/minggu, jadi kalau kirim komentar hari jumat saja, OK?
E-mail yang masuk dan jawabannya akan ditampilkan di blog ini sehingga bisa berguna bagi lebih banyak orang.

About Me

My photo
Silahkan baca artikel berjudul "Sedikit Riwayat Saya " dan "Buku-buku karya saya" (Maret 2008)di http://yudhi-kristianto.blogspot.com
Google